Popular Post

Posted by : Unknown Tuesday, October 16, 2012

Penemu asal Israel, Izhar Gafni memegang sepeda kertas karton hasil ciptaannya.

Anda pasti pernah mengendarai sepeda. Namun jika itu adalah sepeda yang dibuat dari kertas karton, maka mungkin baru Izhar Gafni yang pernah menungganginya. Maklumlah, pria Israel berusia 50 tahun ini adalah penemu sepeda unik ini.


Izhar adalah penggemar sepeda dan selama bertahun-tahun berkutat dengan ide membuat sepeda dari kertas karton. Kepada Reuters, saat mendemonstrasikan penemuannya itu, dia mengatakan bahwa prototipe terbaru sepeda karton ini sudah dianggap layak guna dan bisa diproduksi massal setelah melalui banyak uji coba.

Saat membuat sepeda karton ini, Gafni harus menemukan lipatan yang tepat. Hal itu pun memerlukan waktu cukup lama. Setelah melakukan berbagai uji coba, Gafni sendiri mengaku terkejut dengan hasil karyanya.

Jika sudah diproduksi massal, Gafni mengklaim bahwa harga sepeda ini tak akan lebih dari 20 dollar AS atau kurang dari Rp 200.000. Selain murah, sepeda ini juga sangat ringan. Biaya pemeliharaan juga murah karena sepeda ini tidak perlu diperbaiki. Bahkan, rodanya tak perlu diperbaiki karena dibuat dari karet padat. Bobot sepeda ini hanya 9 kg. Bandingkan dengan sepeda konvensional yang rata-rata memiliki berat 14 kg.

Elmish mengatakan, produksi awal akan dibuat di Israel dalam beberapa bulan mendatang. Rencananya, mereka akan memproduksi tiga jenis sepeda dan satu jenis kursi roda. Dalam satu tahun, masyarakat sudah bisa membeli sepeda kertas karton tersebut.




edited by admin
source and thanks to KOMPAS.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Seven Astrals - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -