Popular Post

Posted by : Mentari Pancarwati Thursday, October 11, 2012


   Telapak tangan + kaki sering basah nih -___- gejala jantung ya ? atau paru-paru ? 

Sebelumnya, sekedar info, penyakit jantung sebenarnya ada banyak. Mulai dari penyakit jantung kongenital (dibawa sejak lahir), gangguan ritme, gangguan vaskularisasi (aliran pembuluh darah) termasuk disini penyakit jantung koroner, gangguan katup jantung, gangguan otot jantung, dan gangguan perikardium (selaput yang melingkupi jantung). Masing-masing golongan masih terbagi menjadi beberapa diagnosis klinis.

     Penyakit paru juga begitu, ada penyakit jantung kongenital, penyakit paru karena gangguan sistemik, karena proses sumbatan di jalan nafas, infeksi, tumor, gangguan pleura paru (selaput yang melingkupi paru) dan gangguan diafragma. Saking banyaknya penyakit di jantung dan paru, maka di dunia kedokteran ada spesialis yang khusus mengurusi dua organ ini. Dahulu menjadi satu spesialis yaitu spesialis jantung paru, sekarang sudah dipisah menjadi spesialis jantung (untuk jantung) dan spesialis paru (untuk paru).

Sering berkeringat yang berlebihan di telapak tangan dan kaki merupakan salah satu manifestasi hiperhidrosis (pengeluaran keringat yang berlebihan).  Hiperhidrosis yang hanya terjadi secara lokal di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), biasanya disebabkan stimulasi emosi dan atau suhu (Stimulasi emosi kadang lebih kuat dibandingkan stimulasi suhu). Hiperhidrosis ini biasanya mulai timbul ketika masa kanak-kanak atau masa dewasa muda. Biasanya hal ini sering muncul ketika kita sedang mengalami stress (karena tekanan pekerjaan atau menjelang ujian). Selain karena pengaruh emosi dan suhu, hiperhidrosis jenis ini dapat ditemukan pada mereka yang mencandu alkohol.

Hiperhidrosis (berkeringat yang berlebihan) yang terjadi secara general (di seluruh tubuh) dapat merupakan manifestasi klinis yang dapat ditemukan pada beberapa penyakit jantung tertentu, namun hiperhidrosis lokal (hanya di tangan dan atau kaki) bukan manifestasi klinis spesifik penyakit jantung dan atau paru. Hiperhidrosis yang terjadi secara general pun bukan petanda adanya penyakit jantung dan atau paru, karena sering hanya berupa manifestasi klinis yang menyertai, bukan manifestasi klinis utama. Keluhan yang sering ditemukan pada pasien dengan penyakit jantung dan atau paru adalah sesak (kesulitan bernafas) dan nyeri dada. Jadi, jika hanya keringat yang berlebihan di kedua tangan dan atau di kedua kaki tanpa disertai keluhan sesak, jantung berdebar-debar, nyeri dada, batuk, atau keluhan yang lainnya, InsyaAllah bukan karena tanda penyakit jantung dan atau paru
Tadi sekedar pengetahuannya J kali ini kita bahas tips mengatasinya ya ....

1. Pahami penyebabnya.

Hal pertama untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat adalah memahami penyebab awalnya. Hampir semua orang pernah mengalami telapak tangan yang berkeringat. Tetapi, biasanya telapak tangan berkeringat hanya merupakan kondisi sementara yang disebabkan oleh stres atau kecemasan. Misalnya saja, jika seseorang sedang ujian telapak tangannya akan berkeringat saat dia tidak bisa menjawab soal-soal ujian tersebut. Tapi, ada pula orang yang setiap harinya mengalami masalah ini dan tidak bisa mengendalikannya. Hal ini terjadi karena sistem saraf tidak sadar tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan sinyal yang salah dikirim dari otak ke saraf keringat.

2. Carilah solusi dari penyebab yang paling jelas.

 Anda kelebihan berat badan? Orang yang kelebihan berat badan memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah telapak tangan berkeringat. Berat badan berlebih mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan keringat berlebihan. Jika berat badan Anda turun mungkin jumlah keringat yang keluar pun akan berkurang. Solusi sederhana lain adalah dengan menggunakan medicated powder atau bedak tabur yang disimpan dalam wadah kecil di saku atau tas. Tapi, Anda harus menggunakannya sedikit demi sedikit karena bisa menggumpal di tangan dan bisa membuat masalah menjadi lebih buruk.

3. Bawalah sapu tangan di saku Anda.

Membawa sapu tangan di saku akan memudahkan untuk mengeringkan keringat di telapak tangan. Hal lain yang bisa Anda gunakan adalah produk antiperspirant untuk tangan dan kaki. Produk ini akan menjaga tangan dan kaki tetap kering. Banyak atlet yang menggunakan produk yang disebut Tite-Grip untuk menjaga tangan mereka tetap kering saat bermain bowling, golf, tenis, angkat besi, dan olahraga lainnya yang memerlukan telapak tangan tetap kering.



4. Melakukan operasi thoracoscopic sympathectomy.
  
Terakhir, Anda harus memahami bahwa metode apapun yang Anda pilih untuk menjaga agar telapak tangan tidak berkeringat hanyalah sementara saja. Satu-satunya cara penyembuhan secara permanen adalah dengan melakukan operasi.
Secara teknis masalah untuk telapak tangan yang berkeringat disebut dengan hyperhirosis dan operasi untuk mengatasinya disebut thoracoscopic sympathectomy. Seseorang bisa melakukan operasi tersebut tanpa harus dirawat inap di rumah sakit dan tingkat keberhasilannya sekitar 98%.

source. here

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Seven Astrals - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -